Rusia Tawarkan 10 Kapal Selam, Ini Sikap Komisi I DPR

0 KETUA Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia...


0
KETUA Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik. Karenanya,  tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut.
B-871 Alrosa, kapal selam jenis Project 877V kelas Kilo dioperasikan Armada Laut Hitam AL Rusia. (Foto D.Starostin)
Senayan - Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik. Karenanya, tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut.

"Saya kira, tawaran dari Rusia, 10 kapal selam itu menarik untuk dikaji lebih mendalam dan ditindaklanjutinya," ujar Mahfudz Siddiq di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

Namun, menurut Mahfudz, jika nantinya disetujui, pengadaan kapal selam dari Rusia itu baru bisa direalisasikan pada pengadaan tahap kedua atau setelah 2014 mendatang. "Sebab, saat ini sudah ada keputusan untuk pengadaan tiga kapal selam dari Korea Selatan," ujarnya.

Tambah Mahfudz, dalam proses perjalanannya saat ini pengadaan tiga kapal selam dari Korsel berjalan lambat. Ini setelah pihak Jerman, pemilik teknologi kapal selam yang diproduksi Korsel yang akan dijual ke RI, mempermasalahkannya. "Karena, Jerman mengaku menjual hak paten teknologi kapal selam yang dimaksud hanya ke Turki," katanya.

Mahfudz menambahkan, Komisi I akan mendukung pengadaan kapal selam dari Rusia itu. Sebab, sesungguhnya sebelumnya sudah pernah dilakukan penjajakan pembelian kapal selam dari Rusia. Namun karena saat itu yang ditawarkan pihak Rusia adalah kapal selam dengan spesifikasi yang besar, sementara kebutuhan kapal selam RI saat ini untuk kelas dan ukuran yang sedang.

"Secara prinsip, Komisi I pasti akan dukung upaya penjajakan kerja sama dalam pengadaan kapal selam dari Rusia tersebut, sejauh syaratnya juga dipenuhi oleh Rusia yaitu ada proses transfer teknologi pada Indonesia. Sebagian pengerjaannya juga harus dilakukan di dalam negeri Indonesia," jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Menurut Mahfudz, tawaran Rusia sangat potensial ditindaklanjuti secara serius. "Karena dalam pengadaan tiga kapal selam dari Korsel saat ini, realitanya berjalan lambat. Sementara kebutuhan akan kapal selam bagi Indonesia saat ini sangatlah besar. Sehingga sejauh spesifikasinya sesuai kebutuhan RI, harganya terjangkau, dan mau melakukan alih teknologi, DPR pasti akan mendukungnya," tegasnya.

Sabtu (17/8), Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, Pemerintah RI mendapat tawaran untuk dapat membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014.

JURNAL PARLEMEN

COMMENTS

Nama

ALUTSISTA ALUTSISTA AMERIKA SERIKAT ALUTSISTA INDONESIA ALUTSISTA IRAN ARTIKEL ASIA FASIFIK AUSTRALIA BERITA HANKAM CYBER WAR DEFENCE STUDIES Doktri TNI INDOBAT INDONESIA DEFENCE INDONESIAN AEROSPACE INDUSTRI MILITER INDONESIA IRAN KAPAL SELAM KARYA ANAK BANGSA KERJA SAMA MILITER KERJASAMA MILITER KFX KOPASSUS LAPAN LATGAB LATIHAN TEMPUR TNI LATMA MADE IN INDONESIA MAJU INDONESIA KU MBT MILITER ASEAN NUKLIR INDONESIA PESAWAT KOMERSIL PICTH BLACK 2012 PKR POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF RUSSIA S-300 SEMENANJUNG KOREA TN AD TN AL TN AU TNI TNI AD TNI AL TNI AU ULANG TAHUN TNI KE 65
false
ltr
item
0101: Rusia Tawarkan 10 Kapal Selam, Ini Sikap Komisi I DPR
Rusia Tawarkan 10 Kapal Selam, Ini Sikap Komisi I DPR
http://4.bp.blogspot.com/-DemIcSBaYis/UhJFjAnzIwI/AAAAAAAAmbc/8VuXrAUG6Lo/s400/sub_b871_05.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-DemIcSBaYis/UhJFjAnzIwI/AAAAAAAAmbc/8VuXrAUG6Lo/s72-c/sub_b871_05.jpg
0101
https://svjade.blogspot.com/2013/09/rusia-tawarkan-10-kapal-selam-ini-sikap.html
https://svjade.blogspot.com/
https://svjade.blogspot.com/
https://svjade.blogspot.com/2013/09/rusia-tawarkan-10-kapal-selam-ini-sikap.html
true
1944610236627966731
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy