Indonesia butuh 12 kapal selam

Changbogo Class ( 3 Unit Telah Dipesan Dari Korsel dengan TOT) Jakarta (ANTARA News) - Indonesia membutuhkan 12 unit kapal selam untuk meng...

Changbogo Class ( 3 Unit Telah Dipesan Dari Korsel dengan TOT)

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia membutuhkan 12 unit kapal selam untuk mengamankan wilayah maritim dan mencapai kekuatan pokok minimum (Minimum Esensial Force /EMF) hingga 2024 untuk memperkuat Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Sekitar 2/3 negara kita merupakan wilayah laut, sehingga perlu dijaga kapal selam. Jumlah kapal selam yang ditargetkan lebih dari 10 kapal selam," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai Sidang Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Ke-7 di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu.
KRI Cakra 401


Saat ini, kata dia, tiga kapal selam tengah dibuat yang bekerja sama dengan Korea Selatan. Satu kapal selam dibuat di Korsel, satu unit lainnya di buat bersama-sama dan satu unit lainnya dibuat di PT PAL.

"Jika tiga kapal selam sudah dibangun, maka kita sudah memiliki lima kapal selam," ujarnya.

Selanjutnya pembangunan kapal selam lainnya bisa dibuat di Indonesia dan yang sudah ada bisa di overhoule. "Ini tentu kita mendorong PT PAL mempersiapkan peralatannya, fasilitasnya agar dilengkapi, sehingga tidak hanya bisa melakukan `assembling` terhadap elemen-elemen kapal selam, tapi juga bisa membangun kapal selam sendiri," kata Menhan.

Tentunya, kata dia, proses transfer teknologi dilakukan secara bertahap, apalagi Indonesia belum pernah membangun kapal selam.

KRI Nanggala-402 saat uji pelayaran di Korsel. (Foto: Kaskus)

Dalam sidang KKIP VII itu, ada dua agenda yang dibahas, cetak biru riset produk peralatan pertahanan dan keamanan serta rencana kebijakan pembangunan network industri pertahanan dan penguasaan teknologi pembangunan kapal selam melalui pengadaan tiga kapal selam dari Korsel.

Tinggi

Di tempat yang sama, Menteri Perindustri MS Hidayat, mengatakan, kapal selam merupakan produk yang sangat "hitech" yang dimiliki oleh negara-negara mempunyai teknologi tinggi seperti Korsel, Jerman dan beberapa negara lain.

"Indonesia bertekad membuat program kemandirian. Untuk membuat kapal selam itu tidak bisa sekaligus, tapi ini adalah suatu proses pembelian, dimana tahap demi tahap kita bisa menguasai teknologinya," katanya.

Indonesia, kata dia, dalam jangka panjang membutuhkan 10 hingga 12 kapal selam. Yang kita gunakan membeli sambil membuat dan nantinya pada kapal selam keempat dan berikutnya, Indonesia sudah bisa membuat kapal selam tersebut. Tentu ini membutuhkan pengarahan sekian banyak kaum intelelektual, ujarnya.
Kapal selam kelas Kilo buatan Rusia yang diincar oleh TNI AL

Sehingga, kata dia, setelah tahun 2024 Indonesia dapat memenuhi kebutuhan kapal selam dan sebagian besar teknologi itu sudah dikuasai. Namun, dalam tahap membuat tiga kapal selam tersebut Indonesia mutlak sudah bisa membuat sentral dari maintenance dan "overhoule" yang sangat dibutuhkan untuk operasinya.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono berharap sebelum tahun 2024, target pembangunan 12 unit kapal selam sudah dapat terpenuhi karena Indonesia berkewajiban menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah maritim.

Saat ini Indonesia hanya memiliki dua kapal selam dan akan hadir tiga kapal selam tambahan dari Korea Selatan. Kapal selam asal Korsel tersebut dilakukan dengan "joint production" (produksi gabungan).

"Kapal selam itu teknologi yang mutakhir, dengan adanya `joint production` ini diharapkan akan ada transfer teknologi supaya Indonesia dapat menguasai ilmu pembuatan kapal selam," katanya.

sumber : Antara

COMMENTS

Nama

ALUTSISTA ALUTSISTA AMERIKA SERIKAT ALUTSISTA INDONESIA ALUTSISTA IRAN ARTIKEL ASIA FASIFIK AUSTRALIA BERITA HANKAM CYBER WAR DEFENCE STUDIES Doktri TNI INDOBAT INDONESIA DEFENCE INDONESIAN AEROSPACE INDUSTRI MILITER INDONESIA IRAN KAPAL SELAM KARYA ANAK BANGSA KERJA SAMA MILITER KERJASAMA MILITER KFX KOPASSUS LAPAN LATGAB LATIHAN TEMPUR TNI LATMA MADE IN INDONESIA MAJU INDONESIA KU MBT MILITER ASEAN NUKLIR INDONESIA PESAWAT KOMERSIL PICTH BLACK 2012 PKR POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF RUSSIA S-300 SEMENANJUNG KOREA TN AD TN AL TN AU TNI TNI AD TNI AL TNI AU ULANG TAHUN TNI KE 65
false
ltr
item
0101: Indonesia butuh 12 kapal selam
Indonesia butuh 12 kapal selam
http://teknologistrategimiliter.files.wordpress.com/2012/08/chang_bogo_class.jpg?w=300&h=188
http://3.bp.blogspot.com/-iDUkPzIY2x8/Ty-PMGUF4hI/AAAAAAAAYkk/9WSBLgWV3k4/s72-c/img4648k.jpg
0101
https://svjade.blogspot.com/2012/08/indonesia-butuh-12-kapal-selam.html
https://svjade.blogspot.com/
https://svjade.blogspot.com/
https://svjade.blogspot.com/2012/08/indonesia-butuh-12-kapal-selam.html
true
1944610236627966731
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy